Menggunakan Automatic Hyphenation pada Word 2007

Automatic Hyphenation adalah fitur pada aplikasi Word yang berfungsi untuk memangkas atau memotong suatu kata yang terlalu panjang di akhir baris secara otomatis. Keuntungan dari penggunaan Automatic Hyphenation ini adalah jarak antar kata pada dokumen akan tampak lebih rapih terutama jika kita menggunakan perataan paragraf justify atau rata kiri dan kanan. Fitur ini sebetulnya sudah terdapat pada Word versi terdahulu, namun dalam tulisan ini saya akan membahas penggunaan Automatic Hyphenation pada Word 2007. Untuk mempermudah pembahasan, perhatikan contoh penggalan dokumen berikut ini.
image
Pada contoh penggalan dokumen tersebut, dapat dilihat bahwa pada baris pertama terdapat banyak sekali jarak antar kata yang terlalu besar hingga membuat teks menjadi tampak kurang rapih walaupun sudah menggunakan perataan justify. Untuk merapihkannya, klik tab Page Layout pada ribbon lalu pada group Page Setup klik tombol Hyphenation dan klik pada pilihan Automatic.
image
Hasilnya dapat dilihat pada gambar berikut ini, dapat dilihat bahwa secara otomatis kata yang terlalu panjang diakhir baris akan dipotong dan pindah ke baris berikutnya yang tentunya membuat dokumen menjadi tampak lebih rapih dari sebelumnya.
image
Dan dengan diaktifkannya fitur Automatic Hyphenation ini maka pada proses pengetikan selanjutnya untuk setiap kata yang terlalu panjang di akhir kalimat, secara otomatis akan terpotong juga untuk menjaga kerapihan pada jarak antar setiap kata.
Referensi yang lebih lengkap untuk fitur Hyphenation ini dapat dilihat pada situs resmi Microsoft Office di alamat: http://office.microsoft.com/en-us/word/HA100963951033.aspx
Mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya.

Sumber : Arhiez.net