Untuk
beberapa keperluan ataupun kondisi tertentu, mungkin kita ingin agar
bisa login kedalam sistem operasi Windows secara otomatis atau tanpa
harus mengetikan password lagi secara manual. Hal ini lumayan membantu
jika kita memang ingin memaksa Windows untuk digunakan oleh user
tertentu saja. Sebagai contoh, misalkan saat saya hendak menyampaikan
training selama beberapa hari untuk beberapa peserta, maka kegiatan
pengisian password yang harus selalu dilakukan tiap harinya di awal
training memang kadang jadi membosankan juga.
Nah, seperti telah disebut diatas maka sebagai solusinya kita dapat
menggunakan fitur Autologin pada Windows. Artinya setiap kali komputer
dinyalakan maka secara otomatis user tertentu akan langsung login
kedalam Windows tanpa harus mengetikan password lagi secara manual. Cara
menggunakan Autologin ini pada sistem operasi Windows 7 dan Windows
Server 2008 adalah sebagai berikut.
Login kedalam Windows sebagai Administrator atau user lain dengan hak akses Administrator. Lalu jalankan kotak dialog Run (bisa dengan shortcut Win + R) dan ketikan perintah CONTROL USERPASSWORDS2
Berikutnya pada kotak dialog User Accounts yang ditampilkan, tinggal hilangkan tanda ceklist di bagian Users must enter a user name and password to use this computer.
Kotak dialog Automatically Log On akan ditampilkan.
Tinggal masukan user name yang diinginkan untuk login secara otomatis
berikut passwordnya juga. Dan akhiri dengan meng-klik tombol OK.
Cobalah untuk merestart komputer dan lihat hasilnya. Sekarang tiap
kali kita menyalakan komputer maka secara otomatis user yang telah kita
tetapkan sebelumnya akan langsung login tanpa harus mengetikan password
lagi secara manual :)
Demikian dan mudah-mudahan tulisan singkat ini ada gunanya :)
Sumber : http://arhiez.net