Robot Di Prediksi Akan Lebih Pintar Dari Manusia

Boston - Entah ini merupakan kabar gembira atau kabar buruk bagi manusia. Para ahli dari Amerika Serikat memprediksi bahwa di tahun 2029 nanti, sebuah robot dengan kecerdasan buatan akan mampu menyamai dan bahkan bisa mengalahkan kecerdasan manusia.

Selain itu, para ahli dari National Academy of Engineering AS ini mengatakan, di masa itu robot nano juga bakal dibenamkan di otak manusia. Tujuannya, untuk meningkatkan kecerdasan dan mempertajam daya ingat.

"Kita sudah menjadi masyarakat yang tergantung pada mesin. Kita menggunakan teknologi untuk meningkatkan kemampuan mental dan fisik pada diri kita. Jadi wajar jika di kemudian hari kita akan menyambungkannya (mesin-red.) di tubuh kita," ujar salah seorang peneliti Ray Kurzweil, seperti dikutip detikINET dari BBC, Senin (18/2/2008).

Nantinya, lanjut Kurzweil, manusia dan mesin akan berintegrasi. Dimana sebuah robot nano akan ditanamkan dalam otak manusia melalui pembuluh kapiler dan akan berinteraksi langsung dengan syaraf biologis, sehingga kecerdasan dan kesehatan manusia diharapkan bakal meningkat.

Kurzweil adalah satu dari 18 ahli yang terpilih oleh US National Academy of Engineering untuk mengidentifikasi tantangan terbesar teknologi yang bakal dihadapi manusia di abad 21 ini. Pakar lain yang terpilih adalah pendiri Google Larry Page dan Dr Craig Venter